World War V/Bahasa Indonesia

From eRepublik Official Wiki
Jump to: navigation, search
Languages: 
EnglishIcon-English.png
DeutschIcon-Germany.png
Bahasa IndonesiaIcon-Indonesia.png
한글Icon-South Korea.png
PolskiIcon-Poland.png
RomânăIcon-Romania.png


Perang Dunia V
Map of Perang Dunia V
Date Maret, 2011 –
Location Sedunia [1]
Belligerents
Flag-Order of New EWorld.jpg ONE

Flag-ABC.png ABC

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - Co-belligerents
Flag-Slovenia.jpg Slovenia
Flag-Iran.jpg Iran
Flag-Belgium.jpg Belgium
Flag-Mexico.jpg Mexico
Flag-Montenegro.jpg Montenegro
Flag-Japan.jpg Japan
Flag-Turkey.jpg Turkey
Flag-Indonesia.jpg Indonesia

Flag-Terra.png Terra

Icon-EDEN.png EDEN

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - Co-belligerents
Flag-Netherlands.jpg Netherlands
Flag-Israel.jpg Israel
Flag-Republic of Moldova.jpg Republic of Moldova

Perang Dunia V adalah perang antar-benua saat ini, yang dimulai pada Maret 2011. Meskipun banyak negara berada pada rantai konflik, peserta perang utama adalah seluruh anggota aliansi yang ada pada saat itu, yakni Terra, ONE dan EDEN.

Perang pada awalnya dimulai di Eropa, tetapi dalam waktu singkat menyebar ke Amerika Utara. Sehingga akhirnya perang masuk hingga ke Amerika Selatan, lalu Asia, Afrika, dan terakhir Oceania. Meskipun akan menjadi panggung perang yang utama, dengan derajat yang berbeda, negara-negara di hampir seluruh dunia telah berpartisipasi mutual protection pacts dan aliansi terkait.

Latar Belakang

Main articles: ONE, Terra, and EDEN

Perang Dunia V berkembang saat akhir tahun 2010 hingga awal tahun 2011 sebagai hasil dari perubahan sifat aliansi secara global di New World, berupa pembubaran Phoenix dan berkurangnya anggota EDEN.

Awal dari konflik yaitu disepakatinya MPP antara Poland dengan Hungary dan penolakan MPP baru Romania oleh kongres Polandia pada Januari 2011[2][3]. Ini membuat Polandia pada posisi yang mendesak, karena mereka sedang berperang dengan Romania, anggota EDEN yang lain. Spain mengantisipasinya dengan masuk ke dalam aliansi ONE yang baru, diikuti Serbia dan Iran. Hasilnya, Romania menandatangani MPP dengan Brazil dan mengirim pasukan ke medan perang melawan Spanyol. Ini menyebabkan Spanyol untuk menandatangani MPP dengan Romania. Setelah itu, perpecahan aliansi dimulai, dengan banyak anggota aliansi besar (Phoenix dan EDEN) keluar dan mencari persahabatan baru.

Terra didirikan pada Desember 2010, dan dengan cepat membentuk relasi yang baik dengan EDEN, meskipun beberapa anggota dari keduanya adalah musuh pada waktu itu, seperti Turkey vs. Greece dan Romania vs Russia. Waktu itu Spanyol akan menandatangani MPP dengan Serbia setelah keluar dari EDEN, hingga akhirnya bergabung dengan ONE.

Akibat dari kehancuran aliansi Phoenix, dunia baru melihat, untuk pertama kalinya, masing-masing tiga aliansi dengan tumpukan yang besar. Russia dan France masuk Terra, tetapi menandatangani Pakta Non-Agresi (the Strasbourg Treaty) dengan UK dan Germany. Republic of Macedonia (FYROM) dan Montenegro mendukung ONE, dan Turki (bekas anggota PANAM), yang sebelumnya netral, menjadi pendukung ONE juga[4]. Meskipun kadang-kadang beberapa negara telah mempertahankan hubungan baik dengan anggota lawan.

Perang Dingin Tiga Aliansi

Mengikuti hancurnya Phoenix, ada waktu singkat dimana perang dingin berkembang diantara ketiga aliansi (ONE, Terra dan EDEN), dimana masing-masing berkumpul membentuk tumpukan aliansi, sehingga menjadi semakin kompak hubungan internasional dan antar anggota, dan memposisikan aliansinya terhadap musuh. Perang dingin ini termasuk beberapa perang fisik seperti resistance war, seperti yang dilakukan oleh Amerika Serikat untuk mendapat kontrol kembali wilayah yang diambil Polandia, seperti Tennessee, Illinois, and Arizona, memaksa Polandia untuk berpindah ke selatan dan mendapatkan kontrol sebagian besar Mexico.

Pidato dari kedua sisi menembus media global saat mendekat perang, seperti Serbia yang memancing Amerika Serikat dengan mengklaim mereka ingin "free Texas", dan Polandia menggeser wilayahnya di Mexico untuk mengakomodasi kemungkinan serangan pada North of Brazil.

Selama waktu ini, Spanyol sebenarnya akan masuk ke Amerika Selatan melalui Venezuela, meningkatkan perhatian Brazil dan Argentina.

The Great Pacific Fire Drill (aka perang Indonesia - USA)

Tanda pertama bahwa perang telah menyebar diluar Eropa terdengar saat Indonesia-USA War, dimana Indonesia, negara yang memiliki hubungan kuat dengan ONE dan Terra, meluncurkan serangan (tanpa alasan) dengan USA. Waktu itu, beberapa takut konflik ini akan mengusung konflik global, meskipun faktanya Indonesia bukan anggota resmi ONE dan masih memiliki hubungan positif dengan anggota aliansi Terra yang didukung Amerika Serikat, seperti Argentina dan Brazil.

Referensi

  1. http://unstats.un.org/unsd/methods/m49/m49regin.htm
  2. The rejected Romanian MPP
  3. The accepted Hungarian MPP
  4. World War V? Yes